MEMBONGKAR RAHASIA BISNIS ONLINE

Akhirnya buku yang disusun oleh rekan-rekan dari redaksi bedapandang.com dirilis dan saya berkesempatan untuk melakukan review terhadap isinya. Bukan sebuah tugas yang mudah karena secara pribadi saya sangat mengenal mereka. Tetapi untungnya mereka, terutama Kang Oktavian memberikan kebebasan bahkan dengan berseloroh beliau berkata

 "Tidak apa-apa Wa, tulis saja apa adanya. Kalau perlu kritik sepedas-pedasnya sebagai bahan perbaikan kita ke depan"

Waduh...makin susah buat saya...hehe..

Saya mengenal Kang Okta ini sekitar lima tahun yang lalu, beliau adalah seorang senior di dunia sales dan marketing. Pengalamannya selama 17 tahun di perusahaan multinasional Jepang dan 3 tahun di perusahaan multinasional China tentu bukanlah main-main. Posisi yang disandangnya sampai saat ini adalah Senior Manager Sales & Marketing....wuiiih!!!

Tapi bismillah saja ya...

Pertama yang saya soroti adalah judulnya yang menurut saya sedikit bombastis, terlalu clickbait kalo kata Yutuber mah...tapi kita lihat nanti setelah kita bedah isinya apakah layak memakai judul tersebut atau tidak

Kedua adalah daftar isi, dari yang tertera di sana sepertinya lebih fokus kepada para pengusaha pemula yang kesulitan untuk produk apa yang dijual. Bahkan ada juga tips and trik dari pengusaha sukses, mantan Gubernur DKI dan mantan Cawapres yaitu Sandiaga Uno. Dilengkapi juga saran Mentri Keuangan yaitu Sri Mulyani.....sangat menarik!



Bab I membahas mengenai cara bertahan di tengah pandemic Corona ini, tentu maksudnya adalah cara supaya bisnis kita bertahan. 

Bab II membahas tentang trend bisnis masa pandemic ini. Sangat lugas memberi penjelasan tentang dunia eCommerce di Indonesia. Bahkan juga memberi bocoran produk apa saja yang sekarang menjadi trend di bisnis online. Ini seolah memberikan jawaban bagi pemula yang kebingungan akan berdagang apa.

Bab III ini adalah yang paling penting dari buku ini, setidaknya menurut saya. Karena pemilihan produk yang tepat akan menentukan kesukesan bisnis online.

Bab IV menjelaskan secara detail cara berjualan yang efektif di marketplace Facebook dan Instagram. Menurut saya ini sangat membantu karena ini cocok untuk calon pengusaha yang bermodal minim. Bahkan ada "racunnya" yaitu cara memviralkan produk kita di Instagram...ini ilmu yang sangat mahal.

Bab V ini dikhususkan untuk pengusaha yang sudah mempunyai toko online tapi kesulitan untuk mengembangkannya. Sangat terperinci dan jelas.


Hmm...secara keseluruhan buku ini sangat lugas dan menjelaskan tentang tetek bengek berbisnis online. Bahkan dilengkapi tip dan trik bisnis yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Cukup bermutu buat calon pengusaha yang berminat terjun ke bisnis online. Karena seperti kata Bang Sandi dan Bu Sri Mulyani hanya bisnis digital yang bisa bertahan di tengah pandemic Corona.

Tapi....saya tetap kurang sreg dengan judulnya yang terlalu bombastis.
Hampura ya...Kang Okta!

Oh..iya eBook ini sudah bisa didownload di Karya Virtual dan Tokopedia