Dewasa ini pemakaian sepeda motor sudah menjadi sebuah kebutuhan dasar, lihat saja dari mulai anak sekolah, ibu rumah tangga, pegawai negeri, karyawan swasta, petani bahkan hampir semua kegiatan dalam kehidupan tidak bisa lepas dari sepeda motor.

Menurut data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), pada 20 tahun terakhir dari tahun 1998 ~ 2019 telah dipasarkan sekitar 107 juta units sepeda motor di seluruh Indonesia.

 

Dari data di atas maka rata-rata per tahun, ada 5 juta units motor yang masuk ke seluruh wilayah di Indonesia. Ini sebenarnya tidak mengherankan, lihat saja di setiap rumah hampir selalu memiliki minmal 1 unit sepeda motor. Jika diakumulasikan dari tahun-tahun sebelumnya tentu angka ini akan semakin besar bahkan mungkin bisa menyentuh angka 150 juta units sepeda motor yang aktif beroperasi di jalan-jalan seluruh Indonesia.

Ini sebuah angka yang fantastis dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia di tahun 2019 adalah 267 juta jiwa berarti 1 orang memiliki 0,6 motor. Tentu juga ini berhubungan langsung dengan industri spare parts atau suku cadang karena rata-rata setelah usia motor mencapai tiga tahun, pasti saja ada yang harus diganti. Hal ini sudah diantisipasi oleh pabrikan-pabrikan motor dengan menyediakan spare parts atau suku cadang original.

Tapi sampai berapa lama sih, pabrikan motor mensupport ketersediaan suku cadang untuk model-model speda motor yang mereka produksi?

Jawabannya adalah pabrikan akan mensupport suku cadang untuk model sepeda motor keluarannya sekitar 5 ~10 tahun sejak pertama kali model itu diperkenalkan ke konsumen. Jadi jangan khawatir jika motor kita berada di rentang usia tersebut maka akan mudah mencari suku cadang originalnya di bengkel-bengkel.

Lalu bagaimana dengan modelspeda motor yang sudah berusia di atas 10 tahun seperti Honda Grand, Honda Supra, Honda Astrea, Suzuki Shogun, Yamaha Jupiter dan model-model lawas lainnya?

Jawabannya adalah untuk penyediaan suku cadang untuk model-model lawas tersebut akan di support oleh industri-industri yang memang bergerak di bidang aftersales.

Salah satunya industri tersebut adalah BIMA ELEKTRIK yang memproduksi suku cadang untuk kelistrikan seperti kabe untuk lampu-lampu, CDI, Kiprok dan lain-lain. Bima Elektrik ini telah beroperasi sejak tahun 2014 yang didirikan di Bandung, Jawa Barat oleh salah satu mantan karyawan di perusahaan Jepang yang memproduksi suku cadang kelistrikan original.

Sejak merintis dari tahun 2014 ~2019 usaha ini kami bentuk tanpa nama dan hanya memasok bengkel-bengkel yang pemiliknya sudah dikenal dan percaya dengan skill dan kemampuan kami. Tapi dengan kerja keras dan jatuh bangun membangun bisnis, akhirnya bengkel-bengkel di sekitar Bandung sudah mulai menggunakan produk kami. Lalu di tahun 2017 kami mulai merekrut sales yang memegang pemasaran wilayah Bandung dan Cikarang (Bekasi) dan puncaknya di akhir tahun 2017 kami mendapat kepercayaan untuk memasok distributor besar di Jawa Timur dengan jumlah sekitar 100.000 units/bulan.

Dengan kapasitas per bulan mencapai 100,000 units suku cadang untuk kelistrikan maka di tahun 2019, maka di tahun 2020 ini kami berniat untuk menambah kapasitas produksi kami menjadi sekitar 250,000 units/bulan dan mengembangkan sayap pemasaran ke seluruh wilayah Indonesia dengan merk dagang BIMA ELEKTRIK. Untuk mengetahu jenis produk silahkan kunjungi toko oline kami di www.bimaelektrik.com.



Oleh karena itu kami mengundang rekan yang berminat dan mempunyai potensi pasar untuk bergabung dalam keluarga besar BIMA ELEKTRIK dengan mengirim email ke elektrik.bima@gmail.com dengan menyertakan data-data :

1. Wilayah/area/provinsi/kota,
2. Jumlah bengkel sepeda motor dalam radius 5 kilometer dari tempat tinggal,
3. Alasan ingin bergabung dengan BIMA ELEKTRIK.

Step awal perekrutan mitra kerjasama ini hanya melalui alamat email saja dan tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis..tis…tis!!!

Jadi tunggu apalagi, inilah saatnya bergabung dalam industri otomotif yang pasarnya sangat besar dan pasti akan dibutuhkan oleh seluruh pemilik sepeda motor.

Untuk SUKSES, kamu perlu mempercayai dirimu sendiri, terutama disaat tidak ada seorangpun yang percaya padamu!!!

Salam sukses!!!