Apakah Anda seorang pemula atau “fresh graduate” yang baru mulai mencarai pekerjaan pertama Anda? Jika Anda akan pergi untuk wawancara kerja untuk pertama kalinya, Anda mungkin merasa sedikit gugup. Jangan biarkan stres menghampiri Anda. Ingat, pewawancara kemungkinan sudah terbiasa untuk mewawancarai “fresh graduate” dan usahakan jangan merasa terintimidas. Jangan lupa, setiap orang memiliki wawancara pertama dalam riwayat pekerjaan mereka.


Berlatih di rumah untuk menjawab pertanyaan wawancara juga akan sangat membantu.

Gambar clipart-library.com

Berikut adalah tips untuk membantu menjadikan wawancara pertama anda berhasil,

Sebelum Wawancara Kerja
Riset tentang perusahaan yang mengundang anda wawancara. Luangkan waktu untuk riset perusahaan sehingga secara umum mengatahui jenis perusahaan atau produk yang dihasilkannya. Ada banyak informasi perusahaan yang tersedia secara online. Anda mungkin saja ditanya apa yang Anda ketahui tentang organisasi tersebut, jadi lihatlah bagian "Tentang Kami" dan "Karier" di situs web perusahaan jika Anda anda akan diwawancarai oleh perusahaan besar. Untuk perusahaan kecil, tinjau situs web mereka untuk mendapatkan gambaran tentang perusahaan itu. Juga, periksa halaman media sosial untuk memastikan fokus perusahaan saat ini.

Pelajari tentang pekerjaan yang anda lamar. Cari tahu sebanyak mungkin tentang posisi yang Anda lamar, lalu tanyakan pada diri sendiri, "Mengapa saya orang terbaik untuk peran ini?" 
Apakah Anda kenal seseorang yang bekerja di perusahaan tersebut? Tanyakan kepada mereka tentang pekerjaan, proses wawancara, dan sistem perusahaan. Semakin banyak Anda tahu tentang pekerjaan itu, semakin mudah untuk menjawab pertanyaan tentang mengapa Anda cocok untuk itu.

Berlatih wawancara. Review tipikal pertanyaan dan jawaban untuk fresh graduate (bisa di cari di internet), kemudian minta anggota keluarga atau teman untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut kepada Anda sehingga dapat mempraktikkan jawabannya.

Berpakaian dengan sopan. Pilih pakaian yang sederhana dan sesuai untuk posisi yang Anda wawancarai. Jika Anda tidak yakin harus mengenakan apa, tanyakan kepada anggota keluarga yang sudah dewasa, guru, atau penasihat bimbingan.

Bawa resume. Resume akan memberikan kesan yang baik pada pewawancara. Anda tidak perlu pengalaman kerja formal untuk menulis resume. Anda dapat memasukkan pengalaman informal, sukarela, prestasi akademik, dan partisipasi dalam olahraga atau klub. Bawalah salinan resume untuk wawancara, serta pena dan kertas sehingga Anda dapat membuat catatan.

Dapatkan lokasi yang tepat dan transportasi menuju ke tempat wawancara. Pastikan Anda tahu ke mana akan pergi untuk wawancara sehingga Anda tidak tersesat dan bisa datang tepat waktu atau — bahkan lebih baik — beberapa menit lebih awal.

Selama Wawancara Kerja
Cobalah untuk tetap tenang dan rileks. Tampil setenang mungkin akan membantu Anda fokus pada pewawancara.
Jika Anda merasa nervous, berhentilah sejenak dan ambil napas panjang untuk mengumpulkan pikiran Anda.
Percaya diri pada keterampilan dan kemampuan Anda ketika berbicara dengan pewawancara. Ingat ini adalah pekerjaan pertama dan Anda tidak diharapkan memiliki banyak pengalaman.
Cobalah untuk memasukkan apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ke dalam diskusi.
Jujur. Jika Anda memiliki jadwal olahraga atau kegiatan lain yang mungkin bertentangan dengan jadwal kerja Anda, beri tahu pewawancara.
Jadilah fleksibel. Anda mungkin memiliki beberapa kelonggaran dalam menetapkan jadwal kerja, tetapi semakin banyak fleksibilitas yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda akan dipekerjakan.
Lakukan kontak mata dan hindari gangguan.
Dengarkan dan catat. Siapkan pertanyaan untuk diajukan di akhir wawancara.
Di akhir wawancara, ucapkan terima kasih kepada pewawancara karena telah meluangkan waktu untuk mewawancarai Anda.

Setelah Wawancara Kerja
Kirim email ucapan terima kasih segera setelah wawancara kepada setiap orang yang mewawancarai Anda untuk mengingatkan mereka tentang seberapa tertarik Anda pada posisi tersebut.

Salam sukses!!!

Dewa Bratakusuma
Disadur dari thebalancecareer.com