Hampir setiap orang berhenti dari pekerjaannya, apakah itu besok, tahun depan atau sepuluh tahun ke depan. Namun ada jurang yang lebar antara “mimpi” dan “tindakan” yang tampaknya tidak pernah diseberangi oleh banyak orang- dan biasanya itu adalah masalah keuangan.

Jelas, jika ingin resign dari tempat bekerja, anda perlu mencari cara lain agar menghasilkan cukup uang untuk kehidupan sehari-hari, menabung untuk masa depan dan menikmati hidup anda. Tapi apa cara terbaik untuk untuk melakukan ini? Bagaimana bisa mendapatkan penghasilan sampingan yang cukup sehingga anda dapat keluar dari tempat kerja dalam waktu yang singkat.

Kerja sampingan yang akan membuat anda bebas secara finansial

Berikut adalah 4 cara hebat untuk mendapatkan penghasilan tambahan sambil anda tetap bekerja di kantor :

1. Berinvetasi dalam properti,
Investasi dalam properti tidaklah terlalu pasif dan pasti tidak selalu mudah, tetapi bisa sangat menguntungkan. Selain itu bisa banyak hal yang dilakukan dalam investasi properti diantaranya :
Kamar atau rumah kontrakan.
Menyewakan rumah untuk berlibur (AirBnB)
Membeli, mendekorasi ulang rumah dan apartemen lalu menyewakan atau menjualnya lagi.
Investasi propoerti adalah salah satu cara paling favorit untuk mendapatkan penghasilan sampingan karena berjalan seperti lokmotif. Memang perlu sedikit waktu untuk mengembangkan bisnis ini, tapi begitu berjalan, itu akan berjalan jauh dengan sedikit usaha dan sulit dihentkan.

2. Menulis Buku,
Banyak orang bermimpi menulis buku, tetapi sangat sedikit yang pernah melakukannya. Mereka pikir itu terlalu sulit, mereka tidak cukup tahu, tidak punya cukup waktu, tidak cukup pintar atau alasan apa pun yang bisa mereka ajukan. Tetapi kenyataannya adalah: Anda dapat menulis buku, dan buku itu dapat membantu Anda menghasilkan tambahan penghasilan bulanan.

Ada beberapa jalan yang bisa Anda tempuh saat menulis buku, dan tidak ada "rute terbaik."
Sebagai contoh:

Anda bisa menulis serangkaian buku khusus topik pendek dan menerbitkannya di Kindle.
Anda dapat mempublikasikan diri melalui situs web Anda sendiri dan menjual kepada pelanggan Anda yang sudah ada.
Anda dapat bermitra dengan platform yang lebih besar dan menjual kepada pemirsanya.
Anda dapat bekerja untuk dipublikasikan melalui perusahaan penerbitan besar (mungkin jalur yang paling sulit).
Anda dapat merekam buku audio dan menerbitkannya di Audible.

Menulis buku hari ini tidak sesulit dulu, karena ada begitu banyak jalan yang bisa Anda terbitkan. Kunci tidak lagi dipegang oleh perusahaan penerbitan elit tapi kunci sekarang ada di tangan Anda!!!

3. Jual keahlian anda,
Anda mungkin saja ahli dalam salah satu bidang bisnis, seperti : akuntansi, entri data, produksi video atau apapun yang anda kuasai dengan baik.
Apa pun yang Anda kuasai, ada kemungkinan orang-orang di luar sana bersedia membayar anda untuk menjalankan bagian bisnis mereka.. Pemilik bisnis yang cerdas tahu bahwa mereka harus fokus pada apa yang mereka kuasai, dan menyewakan sisanya. Di sinilah Anda bisa masuk dan mendapat penghasilan sampingan dari melakukan apa yang Anda sukai.

4. Buatlah Blog
Akhirnya, cara yang baik untuk mendapatkan penghasilan sampingan bisa dengan blog. Meskipun butuh waktu untuk membangun pengikut, setelah Anda memiliki itu ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog.

Agar berhasil dalam blogging, penting bagi Anda untuk memperhatikan:

Fokus pada penulisan konten berkualitas
Bekerja keras untuk mendapatkan konten itu di luar sana ke dunia
Maksimalkan daftar email Anda sejak hari pertama, sehingga Anda dapat memasarkannya kepada orang-orang itu nanti.

Blogging jelas bukan jenis aktivitas "duduk di rumah dengan pakaian dalam dan menghasilkan uang mudah". Itu membutuhkan ketekunan, kualitas dan waktu. Namun, blog bisa sangat bermanfaat.

Ada satu tema umum dengan semua metode di atas untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Apakah kamu tahu apa itu? Mereka semua bekerja. Itu benar, Anda tidak akan pernah mencapai jenis gaya hidup yang Anda inginkan jika Anda tidak bekerja keras untuk itu. Jadi keluarlah hari ini dan mulailah bergegas. Anda akan dapat keluar dari pekerjaan itu lebih cepat dari yang Anda bayangkan!!!

Disadur dari www.entrepreneur.com