Internet adalah hal terbesar yang diperkenalkan kepada kaum milenial, dan mereka jelas memanfaatkan kemajuan ini. Selain menggunakannya hanya sebagai alat atau sumber hiburan, internet sekarang menjadi sumber pemasukan bagi mayoritas pengguna yang memiliki misi untuk melakukan sesuatu yang kreatif, sehingga menghasilkan uang dengan menggunakan kreativitas.

Foto istimewa chartattack.com

Tren peningkatan penggunaan internet ini telah memungkinkan netizen untuk mendapatkan uang melalui saluran yang sebelumnya tidak ada. Akibatnya, menjual berbagai produk serta layanan online telah menjadi hal yang lumrah bagi sebagian orang untuk mendapatkan banyak uang.

Selain itu, munculnya platform pembuatan situs web yang mudah ditangani, serta kehadiran media sosial, telah membantu orang-orang ini untuk menjangkau banyak orang dan menjual produk mereka masing-masing.

Memulai bisnis online bukanlah ilmu cakewalk atau roket. Ada hal-hal tertentu yang harus Anda periksa untuk memperkenalkan bisnis Anda pada platform teknis terbesar. Jika Anda berencana untuk menjual bisnis Anda secara online, berikut adalah beberapa hal yang harus diketahui sebelum meluncurkan bisnis online Anda:

1. Memiliki rencana bisnis.
Sebelum memulai bisnis di internet, Anda harus mengetahui rencana bisnis yang sesuai. Perencanaan bisnis yang tepat sangat penting untuk keberhasilannya. Rencana bisnis Anda harus menentukan pasar mana yang akan anda sasar, pada saat yang sama,anda juga harus mempunyai wawasan dan gagasan tentang kemungkinan keberhasilan yang akan dicapai.

2.  Fokus pada pelanggan dan pahami pasar.
Untuk mengubah bisnis apa pun menjadi perdagangan yang sukses, sangat penting untuk menguasai keterampilan pemasaran dan penjualan. Teliti semua demografi serta psikografis dari basis pelanggan potensial dan tetap periksa kebiasaan pembelian mereka. Juga, amati pesaing dengan bisnis serupa, jelajahi situs web pesaing Anda dan cobalah untuk memahami umpan balik pelanggan mereka di platform media sosial. Strategi-strategi ini akan membantu Anda untuk memahami skenario pasar.
3. Mulailah dengan menawarkan jasa (re-seller)
Memulai bisnis online berarti perlu memiliki lebih banyak waktu daripada uang. Jadi, selalu disarankan untuk memulai dengan menawarkan jasa re-seller sebelum benar-benar memikirkan suatu produk yang akan anda jual sendiri. Berkenalan dengan basis klien Anda dan kemudian mencoba menjadi lebih baik di keahlian Anda. Meskipun strategi ini sangat memakan waktu, Anda akan dapat belajar banyak tentang aspirasi terbesar pasar dan titik-titik masalah yang paling dalam saat memulai berjualan produk sendiri.

4. Pilih produk yang tepat.
Bahkan setelah menguraikan ide bisnis dan menemukan pangsa pasar Anda, sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan secara khusus tentang jenis produk yang akan Anda jual. Ini adalah informasi yang sangat penting bagi semua individu yang ingin meluncurkan bisnis ritel online - pilih produk yang tepat. Jika Anda bukan produsen produk, pilih pemasok yang kompeten untuk melayani tujuan Anda.
5. Nama domain dan situs website.
Setelah Anda selesai memetakan ide bisnis dan memilih produk, penyedia hosting yang baik akan datang berikutnya dalam daftar. Setelah ini, Anda dapat melanjutkan untuk membuat situs web sendiri dan mulai dengan bisnis online. Jika Anda tidak memiliki pengalaman berpengetahuan luas apa pun tentang nama domain dan lokasi situs, selalu disarankan untuk mengikuti saran ahli. Dalam kasus ini anda bisa menghubungi atau berkonsultasi di www.bedapandang.com yang akan membantu anda dalam berbisnis online maupun bisnis konvensional. Beberapa orang yang berpengalaman di bidang IT dan internet marketing siap membantu anda.

6. Promosi dan iklan adalah kunci,
Strategi periklanan yang terencana dengan baik memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bisnis Anda secara keseluruhan. Setelah semua ide dan produk Anda siap untuk dijual, Anda harus memberi jalan bagi pemasaran yang tepat serta strategi periklanan untuk mempromosikan bisnis Anda yang baru didirikan. Strategi ini akan membantu Anda memperluas bisnis Anda ke tingkat berikutnya.

7. Penggunaan media sosial yang tepat,
Strategi pemasaran dan periklanan dapat dilaksanakan dengan baik dengan mengambil bantuan dari media sosial. Saat ini, beberapa platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram mulai digunakan untuk memasarkan dan mempromosikan banyak ide bisnis. Dengan menggunakan platform yang disediakan oleh media sosial, Anda dapat dengan mudah menjangkau target pelanggan Anda.

8. Manfaatkan daftar email relasi,
Memulai dan memelihara daftar email relasi sangat penting saat menyiapkan bisnis Anda secara online. Daftar email relasi  harus dipelihara dengan baik dan teratur. Menggunakan daftar email, Anda akan dengan mudah dapat terhubung dengan semua pelanggan dan prospek potensial Anda. Kirim semua jenis email berbasis konten ke kontak Anda yang ditambahkan dalam daftar email.

9. Respon dengan cepat setiap email dari pelanggan,
Jika seseorang mengirimi pertanyaan, keluhan ataupun hal lainnya secara online, harus cukup cepat untuk menjawabnya. Membantu semua pelanggan potensial Anda sangat penting untuk pertumbuhan bisnis Anda yang sehat.

10. Memelihara aktivitas bisnis,
Terakhir, Anda harus terus mencari tahu semua cara untuk mempertahankan bisnis berjalan dengan cara yang sehat. Proses ini harus selalu menjadi proses yang berkelanjutan karena mempertahankan bisnis Anda adalah tindakan menyegarkan yang membuat bisnis Anda berjalan dan selalu fresh.

Untuk tujuan ini, Anda harus mengurus semua jenis aspek teknis bisnis online Anda seperti pemeliharaan situs web, strategi promosi, mengelola inventaris perusahaan, dll. Semua hal lain yang harus Anda urus sambil mempertahankan bisnis Anda termasuk membuat keputusan tentang produk baru maupun yang dihentikan, pengenalan diskon, perencanaan strategi baru, dll.

Setiap bisnis online dan kewirausahaan lainnya adalah kombinasi dari nyali dan kemuliaan. Ada yang tertinggi dan ada yang terendah juga. Sambil bergegas mencari keuntungan, Anda harus selalu ingat bahwa semua pelajaran ini akan menambah pengalaman Anda memulai bisnis pada platform yang lebih besar. Ide-ide ini pasti akan meningkatkan dan meningkatkan peluang keberhasilan startup.

Ingatlah hal-hal ini, mulailah dengan yang terbaik dan bersiaplah untuk yang terburuk. Semoga berhasil.
Salam,
Dewabrata Kusuma (Marketing Expert)
Disadur dari readwrite.com