BedaPandang.com -Bagi sebagian orang bersepeda adalah hobi. Namun, itu seharusnya tidak hanya menjadi hobi tetapi menjadi kebiasaan sehari-hari! Bersepeda hadir dengan banyak manfaat untuk kesehatan dan gaya hidup Anda. Hanya dengan bersepeda biasa selama minimal 30-40 menit setiap hari, Anda dapat terlihat lebih muda, meningkatkan kekebalan tubuh Anda untuk melawan penyakit dan tetap bugar sehat secara mental. Dan ada banyak manfaat lainnya!

Bersepeda membuat anda terlihat awet muda (foto: istimewa)

Di sini kami telah membuat daftar 10 alasan mengapa bersepeda tidak hanya menjadi hobi Anda tetapi harus menjadi gaya hidup :

1. Membuat terlihat muda dan muda.
Menurut sebuah studi terbaru oleh para ilmuwan di Stanford University, Anda dapat mengurangi tanda penuaan dengan bersepeda biasa. Saat Anda bersepeda, sel-sel kulit mengeluarkan racun berbahaya dan membawa oksigen segar. Ini membantu menjaga aliran darah yang tepat ke seluruh tubuh Anda sehingga Anda terlihat lebih muda dan segar.

2. Membantu memepertahankan bentuk tubuh.
Bersepeda adalah kebiasaan yang memiliki banyak manfaat dan salah satunya adalah menurunkan berat badan. Bersepeda akan membantu Anda mengurangi lemak ekstra dan mempertahankan bentuk tubuh Anda. Metabolisme Anda akan meningkat secara alami, dan Anda akan melihat tonjolan yang tidak diinginkan menghilang dan tubuh Anda menjadi lebih baik!

3. Memperbaiki postur tubuh.
Banyak orang lupa manajemen postur tubuh mereka ketika mencoba menurunkan berat badan. Bersepeda juga akan membantu Anda mengurangi postur tubuh yang bungkuk dan tubuh Anda menjadi lebih fleksibel. Anda bahkan akan merasakan otot perut dan otot lainnya semakin kuat sehingga menghasilkan postur yang lebih baik.

3. Memperbaiki mood.
Kita semua cenderung sering rewel dan murung. Bersepeda 30 menit dapat membantu Anda meningkatkan suasana hati dan menghadirkan getaran luar biasa! Bersepeda membantu mengeluarkan racun-racun berbahaya dalam tubuh Anda yang menyebabkan perasaan tidak enak. Jadi, lain kali Anda merasa sedikit frustrasi, ambil helm Anda dan pergi untuk mengendarai sepeda yang menyenangkan. Anda akan merasa jauh lebih tenang dan lebih positif.

5. Membuat jantung lebih sehat.
Bersepeda sebagai kebiasaan bisa sangat menguntungkan untuk menjaga kesehatan jantung. Ini menyeimbangkan detak jantung Anda. Selain kesehatan jantung, juga ditemukan bahwa orang yang mengendarai sepeda secara teratur memiliki sel kekebalan yang lebih kuat dan 50% lebih kecil kemungkinannya untuk jatuh sakit. Jadi, jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung yang baik dan juga memiliki kekebalan yang lebih kuat, itu adalah waktu yang tepat untuk mengadopsi kebiasaan baru bersepeda.
Dengan kekebalan yang ditingkatkan, tubuh Anda menjadi lebih siap untuk melawan penyakit kecil atau besar; bahkan kanker. Menurut sebuah penelitian, wanita yang memiliki kebiasaan bersepeda, lebih kecil kemungkinannya terkena kanker payudara.

6. Membantu kesehatan berfikir.
Jika Anda menjadikan bersepeda sebagai kebiasaan Anda, itu juga akan membantu meningkatkan aktivitas otak Anda dan membuatnya lebih tajam dan lebih aktif. Bersepeda membangun sel-sel otak baru dan secara alami membantu mempertinggi kemampuan berpikir dan kreativitas Anda.

7. Membantu paru-paru lebih kuat.
Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2001, pengemudi mobil yang bepergian dengan rute yang sama lebih mungkin untuk menangkap penyakit di udara dan masalah paru-paru dibandingkan dengan mereka yang mengendarai sepeda. Ini karena pengendara sepeda memiliki tingkat respirasi yang lebih tinggi. Bersepeda teratur juga membantu meningkatkan daya tahan Anda, membuat Anda bugar setiap hari.
Jadi, jika Anda ingin memperkuat paru-paru Anda dan meningkatkan stamina Anda untuk memiliki hari yang lebih aktif, maka Anda perlu naik sepeda secara teratur daripada menjaganya sebagai hobi!

8. Membantu menghilangkan insomnia.
Apakah Anda tidak tidur nyenyak di malam hari dan berputar di tempat tidur? Kita semua tahu bahwa kekurangan tidur itu dapat merusak kesehatan fisik dan mental. Namun, bersepeda juga bisa membantu Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu yang dibutuhkan penderita insomnia untuk tertidur berkurang ketika mereka mengadopsi bersepeda sebagai kebiasaan sehari-hari.

Ini menunjukkan bahwa Anda dapat mengubah malam tanpa tidur menjadi malam yang damai dengan naik sepeda dan bersepeda secara teratur selama sekitar 30-40 menit.

 9. Moda transportasi murah dan ramah lingkungan.
Saat ini, orang sudah mulai berpikir untuk menggunakan produk ramah lingkungan dan lebih sadar lingkungan. Dengan menjadikan bersepeda sebagai kebiasaan harian Anda, Anda juga akan berkontribusi terhadap hal ini. Jadi, katakan tidak pada bahan bakar fosil dan go green dengan menggunakan sepeda Anda untuk transportasi reguler. Dengan cara ini Anda akan merangkul gaya hidup yang lebih sehat dan juga memberikan kontribusi Anda terhadap pelestarian lingkungan.

10. Gaya hidup unik.
Dibandingkan dengan sekian banyak pengemudi mobil dan penumpang bus, mereka yang mengendarai sepeda pasti akan terlihat menonjol. Jika Anda menjadikan bersepeda sebagai kebiasaan sehari-hari, Anda akan menonjol dari keramaian dan dapat menciptakan citra unik Anda. Jadi, tinggalkan kebiasaan menggunakan mobil dan bus Anda lalu mulai mengendarai dengan sepeda yang stylish setiap hari dan tarik banyak apresiasi!

So, apakah Anda siap mengubah hobi bersepeda menjadi kebiasaan sehari-hari?

Disadur dari bamboobee.net

Baca juga : Menjinakkan Hipertensi Dengan Bersepeda